Akhir- akhir ini sedang ramai menjadi perbincangan masyarakat kalau aplikasi Facebook dapat digunakan untuk menghasilkan pundi- pundi uang. Banyak konten reels dan live streaming bermunculan di Facebook yang sekarang berganti nama menjadi Meta. Konten ibu- ibu sedang memasak, konten memancing di sungai, dan banyak konten tentang aktivitas sehari- hari masyarakat pengguna Facebook. 
Sebenarnya Facebook telah menjadi platform untuk membangun profil profesional dan merk pribadi. Melalui mode profesional Facebook, reels dapat berfungsi untuk mendapatkan penghasilan ketika pengguna berbagi konten sesuai dengan audiennya. Tentu saja hal tersebut akan memudahkan orang- orang yang ingin membeli produk atau menghubungi penjual bagi yang memiliki usah.
3 Keuntungan FB Pro dan 3 Tips Memaksimalkan Potensi Monetisasi

Ketika mode profesional di profil Facebook aktif, pembuat konten yang memenuhi syarat akan mendapatkan peluang pendapatan dan akses tools di Facebook yang lebih canggih.
Beberapa fitur program di Facebook yang dapat dimonetisasi seperti program bonus reels play. Program ini merupakan salah satu opsi monetisasi pertama yang tersedia di mode profesional untuk profil Facebook. Kreator yang memenuhi syarat dapat memperoleh penghasilan hingga USD 35.000 per bulan berdasarkan penayangan reels. 

Baca juga: 

Pada dasarnya keuntungan menggunakan Facebook Pro adalah:
1. Monetisasi Langsung dari Facebook
Menghasilkan pundi- pundi uang dari video Facebook dengan iklan di dalamnya. Pengguna dapat mengontrol dimana dan bagaimana iklan dimunculkan di konten sehingga penggemar dan potensi pendapatan yang dapat lebih maksimal. Iklan yang ditampilkan tidak mengganggu pengalaman menonton audien. 
2. Star Facebook
Cara lain bagi penggemar konten untuk mendukung kreator favoritnya adalah dengan membeli bintang atau star di Facebook lalu mengirimkannya ke kreator selama siaran langsung atau konten reels yang diaktifkan. Kreator dapat mencairkan star Facebook setelah terkumpul. 
3. Wawasan Mengenai Audien
Manfaat lain menggunakan mode profesional selain monetisasi adalah kreator dapat memperoleh wawasan mengenai audien dan mengevaluasi kontennya berhasil atau tidak. 

Ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk memastikan kreator dapat memaksimalkan potensi penghasilan dengan mode profesional di Facebook. Berikut beberapa tipsnya:
1. Gunakan Header Profil yang Jelas dan Ringkas
Hal pertama yang akan dilihat orang ketika mengunjungi profil di Facebook adalah header. Pengunjung ingin mengetahui persis apa yang dilakukan dan ditawarkan oleh kreator tersebut.
2. Sertakan informasi kontak
Orang- orang yang tertarik untuk bekerja sama akan mengetahui bagaimana cara menghubunginya.
3. Perbarui Profil
Dengan memperbarui profil secara rutin, pihak- pihak yang berkepentingan akan mendapat informasi yang akurat dan update. 

Pengguna Facebook yang belum menggunakan mode profesional Facebook untuk monetisasi mungkin akan dapat kehilangan banyak peluang. Dalam mode profesional, dapat mendorong pertumbuhan audien dengan menarik klien baru, menjual produk atau jasa dari profil, mempromosikan bisnis. Selain itu, portofolio pekerjaan yang dimunculkan, informasi mengenai acara yang akan diselenggarakan dan lain- lain juga dapat memberikan gambaran kepada pihak yang berkepentingan.