Mencari pekerjaan menjadi langkah penting ketika seseorang sudah lulus sekolah atau selesai kuliah. Pekerjaan pertama merupakan hal yang diimpi- impikan bagi setiap orang yang ingin berkarir. Mendapatkan pekerjaan pertama tentu tidak akan sulit jika sudah direncanakan dengan baik.
Berikut beberapa tips dari Ikitopmedia untuk segera mendapatkan pekerjaan pertama bagi para pencari kerja dan fresh graduate. 


1. Perencanaan
Perencanaan di sini dapat dilakukan dengan membuat daftar posisi yang dicari dan perusahaan yang akan dilamar. Hal ini bertujuan untuk memberikan gambaran yang jelas tentang alur karir yang dituju.
2. Optimalisasi Search Online
Ada banyak situs pencarian kerja dan sosial media seperti JobstreetGlintsLinkedIn, dan lain- lain yang dapat digunakan secara gratis dan untuk mendapatkan pekerjaan yang bagus.
3. Format CV yang Baik
CV yang menarik dan unik akan terlihat menonjol daripada pelamar lain.CV yang baik juga menyertakan tentang kekuatan, keterampilan dan pengalaman sehingga dapat menambah bobot lamaran kerja tersebut. Saat ini sebagian besar perusahaan menggunakan CV ATS (Applicant Track System) sehingga deskripsi diri yang baik diperlukan untuk terlihat menonjol daripada pelamar lain. 
4. Melamar Secara Online
Saat ini, banyak perusahaan yang mencantumkan peluang karir atau info lowongan pekerjaan di web situs resmi perusahaan tersebut sehingga pelamar lebih mudah mencari informasi posisi yang terbuka di web tersebut.
5. Terbuka Terhadap Peluang
Beberapa pelamar hanya fokus pada pekerjaan full-time, padahal tidak ada salahnya untuk melamar posisi freelancer dan internship atau magang di perusahaan. Kesalahan yang sering dilakukan fresh graduate adalah terlalu memilih jenis pekerjaan dan wilayah tertentu sehingga menutup kemungkinan peluang pekerjaan lain. Fresh graduate dapat mencoba dengan posisi dengan keterampilan yang nanti diperlukan pada karir selanjutnya. 
6. Melakukan follow-up 
Pelamar dapat aktif menindaklanjuti setiap lamaran yang sudah dikirim melalui email atau pesan selama tidak mengganggu atau berlebih untuk rekruter atau HRD.
7. Komunikasi Dengan Career Centre Kampus
Sebagian besar universitas atau kampus memiliki pusat karir yang membantu para alumni dalam mencari pekerjaan. Perusahaan juga menawarkan bimbingan pembuatan resume yang baik sehingga pelamar dapat mencari informasi dari sana. 


8. Bergabung degan Komunitas
Pelamar dapat bergabung dengan beberapa komunitas dan grup yang berguna untuk mencari pekerjaan. Saat ini, banyak komunitas info pekerjaan hingga grup review resume secara cuma- cuma.
9. Membangun Personal Branding
Perkembangan media sosial dan internet saat ini sangat penting untuk rekruter dan HRD. Pelamar dapat mengatur media sosialnya agar terlihat profesional dan dapat juga digunakan untuk portfolio. 
10. Mulai Lebih Awal
Mencuri start dengan mencari pekerjaan sebelum semester akhir akan lebih maksimal untuk mendapatkan pengalaman dan pekerjaan setelah lulus. Fresh graduate tidak perlu menunggu terlalu lama panggilan kerja setelah kelulusannya.

Nah, semoga bermanfaat dan menemukan pekerjaan yang diinginkan yaa.