Akhir- akhir ini telah terjadi kenaikan minat WFH (work from home) dan WFA (work from anywhere). WFH atau bekerja dari rumah adalah karyawan bekerja dari jarak kauh, bukan dari kantor. WFA juga hampir sama artinya dengan WFH, sehingga banyak disukai oleh Gen Z untuk bekerja dari coffee shop, dari hotel bahkan sambil staycation.

Tidak hanya terjadi peningkatan minat karyawan untuk bekerja dari rumah atau anywhere, pemberi kerja atau perusahaan juga mulai menyadari bahwa ada manfaat dari WFH seperti hemat operational cost perusahaan dan lain- lainnya. Jika kamu termasuk salah satu karyawan yang menyukai untuk bekerja dari rumah atau coffee shop, ada banyak pekerjaan yang tersedia loh. Beberapa macam pekerjaan work from home ini tentu membutuhkan berbagai keterampilan dan pengalaman. Nah, menariknya adalah perusahaan tetap membayar gaji yang full dan sebanding dengan pekerjaan penuh waktu.

Berikut Ikitopmedia sharing tentang 13 macam pekerjaan work from home yang dapat dicoba.

  • Customer Care atau Member Service Representatif
Pekerjaan ini adalah membantu pelanggan untuk memecahkan masalah dan menjawab pertanyaan, baik melalui telepon atau email. Untuk pemula, dapat menghasilkan upah atau tarif sekitar $12 per jam dan untuk yang berpengalaman sekitar $15,50 per jam. Kekurangan dari pekerjaan ini adalah tidak sefleksibel pekerjaan daripada pekerjaan remote lainnya. Seperti contoh, jika kamu mendapatkan shift pagi dari jam 8.00 pagi hingga jam 17.00 sore, kamu harus tetap siap siaga di waktu tersebut.


  • Tester Website
Tester web akan menilai situs web dan aplikasi web dari segi kualitas dan fungsi beberapa perangkat seperti dari dekstop, laptop, dan mobile. Tester web akan mengunjungi situs web dan menggunakan aplikasi, menyelesaikan beberapa task, dan menggunakan insight. Seorang tester akan memberikan feedback  tentang penggunaan dan kejelasan juga engagement dari sebuah website. Tarif rata- rata per jam sebagai seorang tester web sekitar $25. Jika tertarik untuk bekerja sebagai tester website, dapat mendaftar di berbagai situs seperti UserTestingUserlyticsStartUpLift.


  • Pengajar Online
Hampir sama dengan pengajar offline, pengajar online juga mengajar untuk mata pelajaran tertentu, menyiapkan rencana pembelajaran, dan memantau kemajuan murid. Posisi ini bisa dicoba jika memiliki keahlian sebagai pengajar melalui Zoom atau Google Meet. Posisi ini dari taman kanak- kanak hingga perguruan tinggi di semua bidang studi. Tarif sebagai pengajar online sekitar $25 per jam, tetapi kamu dapat kok menghasilkan sekitar $100 hingga $200 per jam

  • Virtual Assistant
Virtual assistant atau asisten virtual ini biasanya fokus pada tugas- tugas administratif seperti membuat jadwal rutin, menagih klien, mengolah data, dan lain- lain. Ada juga virtual assistant yang membutuhkan pengalaman dalam copywriting dan media sosial. Untuk posisi ini biasanya diberi tarif sekitar $15 per jam tetapi bisa naik hingga $20 per jam untuk keahlian menulis, mengedit, media sosial dan berhubungan dengan masyarakat. Sebagian besar asisten virtual ini bekerja dengan beberapa klien sekaligus dalam satu waktu.


  • Captioner
Captioner adalah menyalin audio dan video yang sudah direkam lalu mengetik dengan cepat dan akurat.Captioner biasanya mendapatkan tarif sekitar $14 per jam. Lowongan ini dapat dilihat di agensi seperti RevUpwork, atau di perusahaan Caption Media Group atau CaptionMax.
  • Transkripsionis
Transkripsionis adalah suatu pekerjaan dengan cara mendengarkan rekaman suara dan mengubahnya menjadi dokumen. Kantor medis dan hukum biasanya menggunakan transkripsionis untuk mengetik catatan yang didiktekan dari dokter dan pengacara. Pekerjaan ini biasanya dapat menghasilkan sekitar $13 per jam, tapi untuk yang berpengalaman dapat mencapai $20 per jam.
Baca juga : 10 Tips Unik Untuk Self Care dan Well-Being di Masa Pandemi
4 Tips Untuk Kamu yang Biasa Overthinking
5 Content Creator FB Sukses di Asia Pasifik, Ada Orang Indonesia
  • SEO Specialist
SEO specialist biasanya bekerja dengan menganalisis, meninjau dan menerapkan perubahan pada sebuah situs web untuk memaksimalkan jumlah pengunjung situs web dan meningkatkan peringkat situs di mesin telusur. Untuk posisi ini, diperlukan minimal 1 tahun pengalaman dengan tools dan teknik industri SEO seperti Google Analytics dan platform pembuatan situs web seperti Squarespace. Tarif upah sebagai SEO specialist sekitar $13 hingga $27 per jam.


  • Terapis Online
Terapis disini adalah memberikan dukungan kesehatan mental melalui platform digital seperti konferensi video, telpon, atau pesan teks. Untuk menjadi seorang terapis, tentu harus memiliki gelar master psikologi atau pekerjaan sosial juga lisensinya. Sebagai terapis online dapat diberi tarif sekitar $18 hingga $40 per jam.
  • Poofreader
Poofreader atau pengoreksi adalah memastikan kalau konten tulisan tidak terdapat lagi tata bahasa, ejaan, tanda baca dan pemformatan. Tarif sebagai poofreader sekitar $18 per jam untuk biro iklan, situs web, firma hubungan masyarakat dan penulis buku teks. Pekerjaan ini tentu sangat fleksibel.

  • Surveyor
Beberapa perusahaan akan membayar untuk orang- orang yang mau mengikuti survei dan memberikan pendapat jujur tentang game, film, produk konsumen, dan topik minat umum lainnya. Tarifnya sekitar $1 hingga $20 per survei yang telah diselesaikan.
  • Pembukuan Virtual
Memiliki pengalaman dalam menagih klien, payroll, dan mengelola akun, nah kamu dapat dengan mudah menemukan posisi sebagai pembukuan virtual dengan membuat kontrak langsung dengan perusahaan atau mendaftar di agen Bookminders. Tarif sebagai pembukuan virtual sekitar $16 hingga $21 per jam.
  • Konsultan Marketing
Jika kamu memiliki pengalaman dan keahlian di bidang marketing dan branding digital, pekerjaan ini dapat dicoba!. Membuat kampanye dengan SEO, email blast, media sosial dan lain- lain. Tarifnya sekitar $14 hingga $102 per jam teragntung dari pengalaman dan keahlian yang dikuasai.


  • Web Developer
Semakin banyak perusahaan teknologi yang merubah metode bekerja dari kantor menjadi metode yang lebih fleksibel atau jarak jauh. Jika kamu memiliki gelar sarjana di ilmu komputer atau bidang yang relevan, telah menyelesaikan bootcamp, atau memiliki pengalaman pemprograman yang lain, dapat mencoba pekerjaan ini. Tarif rata- rata sekitar $12 hingga $44 per jam.

Dari beberapa pekerjaan tersebut ada juga tips cepat agar segera mendapatkan pekerjaan work from home, sebagai berikut:

  • Melamar dengan cepat. Kunci agar dipekerjakan secepatnya adalah segera melamar posisi tersebut setelah diposting.
  • Menjadikan keterampilan kerja work from home sebagai glow-up karir. Pastikan saat melamar, kamu menunjukkan kemampuan untuk bekerja secara mandiri.
  • Hindari penipuan. Sebelum melamar suatu posisi, pastikan kembali bahwa pekerjaan online tersebut memiliki jejak digital yang baik dan tidak perlu membayar uang untuk melamar atau memulai pekerjaan.
Semoga bermanfaat.