Melakukan self care untuk diri sendiri, seperti apa ya?.

Kamu tidak harus berusaha keras untuk membuat perencanaan dan action self care dan well-being, loh. Self care dapat dilakukan dengan apa yang sudah biasa dilakukan setiap hari. Pada dasarnya, well-being atau kesejahteraan adalah menjalani hidup dengan cara yang dapat care terhadap diri sendiri.
Berikut ada beberpa tips unik untuk self care agar hidupmu lebih berwarna:
1. Meditasi
Mindfulness dapat dilakukan dengan memusatkan konsentrasi atau dapat dilakukan dengan meditasi sehingga akan membuat kamu lebih fokus terhadap situasi saat ini dan dapat menerima semuanya tanpa menghakimi. Keadaan tenang ini yang akan membantu untuk menerima dan mengatasi pikiran, perasaan atau sensasi yang menyakitkan atau mengganggu. Ada sebuah studi yang mengatakan kalau mengontrol pikiran kita sejenak dapat mempertajam proses pengambilan keputusan.
meditasi.jpg
2. Be Happy!
Kebahagiaan dapat memicu hormon perasaan baik di dalam tubuh, mengurangi stress dan kecemasan dan hormon- hormon tersebut akan membuat kamu lebih bahagia. Kamu dapat melakukan ritual atau aktivitas sederhana yang dapat membuat kamu bahagia. Hal sederhana yang dapat dicoba untuk dilakukan seperti tersenyum kepada orang lain.
laugh.jpg
3. Mengumpat
Mengumpat adalah cara yang baik untuk mengeluarkan tenaga dan mengeluarkan beberapa isi kepala. Kamu dapat memilih tempat yang nyaman untuk mengumpat, jadi bukan di tempat kerja atau saat di depan orang tuamu. Kalau di Jawa, istilah mengumpat ini disebut misuh. Menurut penelitian, mengumpat ini dapat mengurangi rasa sakit fisik hingga kecemasan diri kita yang mungkin terpendam selama ini.
misuh.jpg
4. Pergi Belanja dan Kuliner
Sebuah penelitian menunjukkan bahwa membeli pakaian baru dapat meningkatkan mood kamu loh. Beberapa orang yang shopaholic atau suka berbelanja bertujuan memanjakan diri mereka agar tetap tampak merasa istimewa dan fresh untuk memperbaiki mood. Kamu juga dapat pergi ke restoran untuk membeli makanan yang enak. Kamu mencoba melakukan yang terbaik untuk dirimu sendiri, dan tentu tidak harus dengan membali baju atau makanan mahal. Yang perlu menjadi catatan adalah kamu tetap harus mengontrol pengeluarannya agar tidak muncul stress baru akibat pengeluaran untuk berbelanja.
belanja.jpg
5. Seks dengan Pasangan
Jika kamu sudah menikah, kamu dapat mencoba cara ini. Seks memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Seks juga dapat meningkatkan suasana hati, melepaskan serotonin dan dopamin (hormon bahagia),mengaktifkan otot dan membakar kalori.
Selain itu, dapat mendekatkan kita dengan pasangan kita dari segi fisik dan emosional. Untuk yang belum menikah, dapat dengan quality time dengan pacar atau kekasih kamu.
pasangan.jpg

Ada pepatah lama yang mengatakan bahwa tertawa adalah obat terbaik dan ilmu pengetahuan sudah menunjukkan bahwa tertawa terbahak- bahak bermanfaat bagi kesehatan mental dan fisik kita serta mengurangi stress. Dengan tertawa secara teratur, kita akan menjadi pribadi periang dan positif sehingga kita dapat membangun koneksi dengan teman- teman yang dapat diajak bercanda.
Jika kamu kesulitan untuk menemukan hal- hal lucu, dapat dilakukan dengan cara menonton film atau TV dengan aktor atau serial favoritmu seperti Mr Bean, Brooklyn Nine Nine, dan lain- lain. Kamu juga dapat menonton stand up comedy dan membaca novel komedi.
komedi.jpg
7. Melihat Sesuatu yang Lucu
Saat ini, kita dapat mengakses Youtube, Instagram, Pinterest dan lain-lain yang dapat membantu memperbaiki moodmu. Kamu juga dapat menempel foto- foto di meja kerja atau belajar dan meluangkan beberapa menit untuk melihatnya. Hal ini akan membantumu untuk memperbaiki moodmu dan membangkitkan semangat.
8. Decluttering
Kamu dapat menyingkirkan barang- barang yang sudah tidak terpakai di rumah. Decluttering bukan membuang semua barang tapi menyortir dan memilih barang agar rumah tampak lebih rapi dan teratur. Hal yang dapat kamu sortir seperti pakaian, kertas- kertas, dokumen dan sebagainya.
bekas.jpg
9. Massage
Pijat atau massage memiliki manfaat untuk kesehatan, menenangkan dan menyembuhkan otot, mengurangi stress dan kecemasan. Meluangkan waktu untuk melakukan sesuatu yang baik untuk diri sendiri seperti massage merupakan sebuah penghargaan untuk diri sendiri.
massage.jpg
10. Pergi Healing
Ketika kamu dapat pergi ke suatu tempat terdekat, yang jauh dari rutinitas harian dan tekanan kerja tentu akan dapat membantu kembali fokus dan konsentrasi. Karena masih masa pandemi Covid-19, jadi ketika bepergian harus tetap hati- hati ya.
holiday.jpg
Nah, cara- cara tersebut di atas sangat mudah untuk dilakukan bukan?. Yuk, sayangi diri sendiri. Semoga membantu ya.