Vaksin merupan salah satu upaya untuk menekan laju penularan Covid-19. Apalagi belakangan ini marak akan munculnya varian baru seperti Alpha, Beta, Delta, Kappa, dan sebagainya yang diyakini lebih cepat menular dan menimbulkan gejala berat.
Setiap orang yang sudah mendapatkan vaksin akan mendapatkan sertifikat vaksinasi. Sertifikat ini menunjukkan status vaksinasi seseorang atau membuktikan orang tersebut sudah divaksin atau belum.


Sertifikat vaksin akan didapatkan dua kali dan di dalam sertifikat tersebut berisikan nama, NIK, nomor sertifikat vaksin, tanggal pelaksanaan vaksin dan terdapat kode Quick Response atau QR.
Bagi kamu yang sudah divaksin dapat mengecek sertifikat vaksin di pedulilindungi.id.
Ikitopmedia akan sharing  langkah- langkah untuk mengecek atau mengunduh sertifikat vaksin Covid-19 secara online sebagai berikut:
  1. Terlebih dahulu buka pedulilindungi.id,
  2. Kemudian pilih Registrasi Vaksin, lalu buat akun dan ikuti langkah- langkah selanjutnya,
  3. Setelah selesai membuat akun, silahkan untuk login,
  4. Masukkan informasi yang diminta yaitu nama lengkap/ NIK/ nomor ponsel,
  5. Masukkan enam digit kode OTP yang dikirimkan oleh 'PEDULICOVID' melalui SMS,
  6. Di pojok kanan atas klik nama akun (atau bagi pengguna ponsel, klik icon tiga setrip dan klik Nama Akun). Selanjutnya pilih menu Sertifikat Vaksin,
  7. Sertifikat vaksin akan muncul sesuai dengan jumlah suntikan atau vaksin yang diterima. Jika baru satu kali, maka akan muncul sertifikat vaksin pertama dan penerima dua kali suntikan akan menerima dua sertifikat,
  8. Klik Nama untuk memunculkan sertifikat vaksin, lalu klik Unduh untuk menyimpan sertifikat vaksin,
  9. Jika sudah selesai, kamu bisa klik Keluar dari akun.
Semoga bermanfaat guys.