Beberapa permasalahan yang terjadi pada individu, tentu dapat menyebabkan stress, depresi bahkan mengarah kepada psikosomatis dan gangguan mental. 
Hal tersebut sudah sewajarnya dapat ditangani oleh ahli ataupun dirinya sendiri. Permasalahan kesehatan mental di Indonesia dianggap cukup serius ditambah dengan kondisi alam yang berubah, kompetisi antar manusia yang semakin ketat, hingga lingkungan sosial yang kurang mendukung. Menurut Riskesdas tahun 2018, gangguan kesehatan mental dan emosional sebanyak 9,8% ditinjau dari usia 15 tahun ke atas dari sampai populasi 300.000 rumah tangga. 
Jumlah gangguan mental di Indonesia semakin meningkat seiring dengan merebaknya virus Corona atau Covid-19. Pandemi ini memaksa manusia untuk tinggal di dalam rumah sehingga banyak manusia yang mengalami kebosanan, kecemasan, stres, depresi dan sebagainya. 
Kebutuhan akan kesehatan mental ini sangat diperlukan oleh semua orang. Selama pandemi ini penerapan pemeliharaan kesehatan mental dapat dilakukan secara mandiri. Kesehatan mental dapat terjaga dengan baik karena kunci utamanya terdapat di dalam diri sendiri (self).  Self healing memiliki banyak keunggulan selain dapat dilakukan sendiri juga akan mendapatkan hasil yang maksimal dalam mempertahankan dan memelihara kesehatan mental. Self healing ini merupakan metode penyembuhan penyakit bukan dengan obat, melainkan dengan menyembuhkan dan mengeluarkan perasaan dan emosi yang terpendam di dalam tubuh. 


Kali ini Ikitopmedia akan sharing tentang self healing gratis yang dapat kamu lakukan di rumah selama pandemi. Yuk, apa saja sich?.
  • Olahraga
Dalam penelitian Stuart (2016), perawatan psikologis yang paling berhasil untuk gangguan anxiety atau kecemasan menyeluruh adalah dengan menggabungkan relaksasi, olahraga dan terapi kognitif dengan tujuan klien dapat mengontrol tingkat kecemasannya. 
Olahraga yang cukup merupakan faktor yang sangat penting bagi kesehatan. Olahraga juga dapat melindungi seseorang dari berbagai penyakit (Barnessa, L & Hadiwono, A. 2020).
  • Meditasi
Meditasi merupakan salah satu teknik relaksasi yang terbukti mampu memberi banyak manfaat seperti mempertinggi sistem imun, mereduksi rasa sakit, di samping efeg- efeg psikologisnya (Benson, 2010). 
Dalam penelitian Hawkes (dalam Ameling dan Anderson, 2009) disebutkan bahwa self healing dapat dicapai melalui berbagai mekanisme, termasuk relaksasi, latihan pernafasan, latihan kebugaran, citra dan meditasi. Hal ini didukung dengan penelitian Ishaq (2007), bahwa ketika seseorang memasuki kondisi relaksasi ringan maka akan mengurangi tingkat stress dalam tubuh. 
Meditasi sangat efektif untuk orang- orang yang mengalami stress, kecemasan, depresi serta gangguan mental lainnya.
  • Journaling
Terapi menulis dapat menurunkan stress, meningkatkan sistem imun, menurunkan tekanan darah, mempengaruhi mood, merasa lebih bahagia dan baik untuk mengurangi tanda- tanda depresi (Baikie, K.A & Wilhiemhal, K. (2005).
Dengan menulis maka akan dapat menjadi wadah bagi seseorang untuk dapat memahami permasalahannya sendiri sehingga dapat menyadari akan perubahan negatif dalam dirinya.
  • Tidur
Tidur merupakan salah satu proses self healing karena tidur menjadi pertahanan alami tubuh terhadap infeksi. Tidur di waktu yang sama setiap malam dapat membuat seseorang tertidur lebih cepat dan memperbaiki suasana hati karena tubuh akan terbiasa dengan rutinitas tidur yang baik. 
  • Memaafkan diri sendiri
Semua orang pernah memiliki luka batin yang terpendam. Untuk memaafkan diri sendiri memang membutuhkan effort dan dapat berdamai dengan diri sendiri.
Beberapa hal ini yang dapat kamu lakukan:
a. Me time,
b. Menerima kondisi,
c. Berdialog dengan diri sendiri,
d. Membentuk pola pikir yang indah,
e. Mindfulness.
Stress harus dilepaskan, cemas harus dibatasi. Self healing tidak harus mahal dan berbayar, karena kamu dapat melakukannya di rumah selama pandemi. Stay safe, stay healthy.