New Normal merupakan bentuk adaptasi kebiasaan baru akibat pandemi Covid-19 dan tentu membuat perubahan dunia yang besar. Adaptasi ini tentu harus direspon dengan sikap positif untuk berkembang ke depan sebagai bentuk harapan dan optimis.
Dunia selalu berubah, namun perubahan itu juga dibutuhkan kesiapan psikologis manusianya. Kesiapan ini yang akan membuat orang dapat berkembang dengan perubahan. Manusia yang belum siap menghadapi perubahan akan menimbulkan banyak respon, di antaranya menjadi kurang semangat, kurang bergairah, malas, boring, perasaan tidak menentu dan perasaan negatif lainnya.
Di Jepang ada IKIGAI, artinya yang paling membuat hidup seseorang tampak layak untuk dijalani dan sebagai pengertian hidup layak dijalani. Hal ini dapat juga dijadikan referensi untuk Indonesia dalam menyikapi perubahan dunia yang disesuaikan dengan budaya Indonesia. Hal ini akan dapat digunakan sebagai panduan tentang bagaimana menjalani kehidupan yang sangat dikombinasikan dengan agama, karena hasil survei menunjukkan orang yang beragama memiliki meaning  yang lebih baik (Effendy, N & Trisni, L ( 2020)).
Konsep IKIGAI telah dilakukan oleh sebagian besar masyarakat di Jepang. Masyarakat Jepang meyakini bahwa dengan menumbuhkan IKIGAI di dalam hidup mereka, maka akan semakin menemukan makna dalam kehidupan dan hal ini membuat semakin besar orang Jepang memiliki angka harapan hidup yang tinggi. Hal ini terbukti bahwa Jepang merupakan negara kedua dengan tingkat harapan hidup yang tinggi setelah Maroko.
Bagi kamu yang ingin mencoba menerapkan konsep IKIGAI pasti penasaran dengan cara menemukan IKIGAI dalam hidup. Yuk, Ikitopmedia akan sharing di bawah ini.
IKIGAI merupakan irisan dari empat eleman yakni Passion, Mission, Vocation, dan Profession. Dalam menemukannya, harus menyeimbangkan empat elemen tersebut untuk saling mengisi dalam membentuk sebuah tujuan hidup berkelanjutan. Jika kamu hanya menemukan beberapa saja maka belum dapat dikatakan sudah menemukan IKIGAI. Dari keempat eleman tersebut, jika disatukan maka akan menemukan arti dari IKIGAI tersebut.
  • Passion (What You Love)
Passion dapat diartikan sebagai sesuatu yang disenangi. Sesuatu yang dapat membuat seseorang bergairan untuk melakukan hal tersebut dan merasa bahagia apabila melakukan hal tersebut, misalnya hobi atau kesenangan lainnya.


  • Mission (What the World Need)
Mission diartikan sebagai hal- hal yang dibutuhkan oleh lingkungan sekitar. 
  • Vocation (What You Can be Paid For)
Vocation diartikan sesuatu yang dapat dilakukan dan menghasilkan pendapatan. 
  • Profession (What You Are Good at)
Profession merupakan sesuatu yang dirasa ahli di bidangnya. Keahlian ini dapat diperoleh dengan menempuh pendidikan atau mengikuti kursus pelatihan (DJKN Kemenkeu, 2020) Selain beberapa hal tersebut, terdapat lima pilar penting atau yang menopang prinsip IKIGAI tersebut, yakni:
  • Mengawali dengan Hal Kecil
Hal kecil yang dapat dilakukan seperti bangun pagi. Ketika bangun pagi dengan rasa syukur tentu akan memberikan rasa positif untuk mengawali hari. 
  • Membebaskan Diri
Membebaskan diri seperti layaknya anak kecil yang terbiasa berpikir polos dan apa adanya. Berada dalam kondisi relax dan membebaskan diri dari beban akan meningkatkan kualitas dalam hidup dan pekerjaan. 
  • Keselarasan dan Kesinambungan
Sebagai makhluk sosial sudah sewajarnya manusia itu hidup selaras dan berdampingan. IKIGAI berhubungan erat dengan menjaga keselarasan dengan lingkungan, orang- orang sekitar dan masyarakat secara luas.
  • Gembira akan Hal- hal Kecil
Orang Jepang terkenal dengan penghargaannya terhadap hal- hal kecil. Masyarakat di Jepang terbiasa menghargai sesuatu walau hal terkecil sekalipun. 
  • Hadir di Tempat dan Waktu Sekarang
Menikmati waktu dan kondisi yang dirasakan pada saat sekarang merupakan salah satu pilar IKIGAI. Ketika seseorang menghargai dan menikmati waktu yang telah diberikan, maka akan membuat hidup terasa lebih bermakna.