Kapal selam dikembangkan oleh pihak militer, salah satunya agar dapat mengawasi musuh di bawah air. Memang banyak catatan sejarah yang menuliskan bahwa pengembangan kapal selam digunakan untuk kepentingan militer. 
Kapal selam pertama yang dikembangkan oleh William Bourn pada tahun 1578, beberapa perusahaan mulai meningkatkan spesifikasi kapal selam itu sendiri, baik dari fasilitas, fungsi dan persenjataan.
Kapal selam juga menggunakan tenaga yang beraneka macam, baik dari elektrik, diesel hingga tenaga nuklir. 
Berikut Ikitopmedia telah merangkum 5 kapal selam terbaik yang pernah dibuat di dunia.
  • Seawolf 
Seawolf merupakan jenis kapal selam pemburu. Kapal ini dibuat untuk mengembalikan keunggulan teknologi Angkatan Laut Amerika Serikat atau Uni Soviet. Kapal selam ini dibangun oleh General Dynamic Electric Boat pada tahun 1989 dengan menggunakan tenaga nuklir untuk menggerakkan mesin. Kapal selam ini juga memiliki fungsi lain, yaitu untuk mencari dan menghancurkan kapal selam rudal balistik Uni Soviet terbaru pada masanya. Seawolf dapat dikatakan kapal selam paling tenang atau tidak bersuara di dunia yang pernah dibangun. Kapal selam ini sangat tenang bahkan pada kecepatan tinggi. Sebagian besar kapal selam perlu menjaga kecepatan mereka hingga hanya 5 knot untuk menghindari deteksi oleh sonar. Sementara kelas Seawolf bahkan sampai 20 knot dan tak bisa terdeteksi sonar.
  • Virginia
Virginia merupakan kapal selam bertenaga nuklir yang digunakan oleh Angkatan Laut AS. Kapal selam ini dibangun mulai dari tahun 2000 hingga sekarang. Kapal selam Virginia dilengkapi dengan 12 tabung Sistem Peluncuran Vertikal (VLS). Ini digunakan untuk meluncurkan rudal jelajah serangan darat Tomahowk dengan jangkauan 1.700 km. Selain itu, juga ada empat tabung terpedo 533 mm. Ini digunakan untuk menembakkan total 26 jenis Mk48 torpedo kelas berat dan rudal anti kapal selam. Kapal selam ini juga dapat digunakan untuk operasi khusus.


  • Astute
Kapal selam serangan bertenaga nuklir Astute pertama ditugaskan untuk Angkatan Laut Kerajaan pada 2010. Sejauh ini setidaknya ada tiga kapal yang melayani dinas Agkatan Laut Kerajaan Inggris. Astute dibangun oleh perusahaan BAE Systems Maritime dan Barrow. Setidaknya, ada tujuh kapal dalam masa perakitan sampai hari ini. Tujuh kapal ini bertujuan untuk menggantikan kapal selam serangan kelas Swiftsure yang memasuki masa pensiun. Kapal selam seragan ini dilengkapi dengan enam tabung torpedo 533 mm. Ini digunakan untuk meluncurkan torpedo Spearfish, rudal anti kapal Sub- Harpoon, dan rudal jelajah Tomehawk. Kapal ini membawa 36 rudal dan torpedo. Rudal jelajah serangan Tomahawk memiliki jangkauan 1.700 km dan dapat menargetkan kapal musuh serta target darat.
  • Graney
Kapal selam Graney ini merupakan kapal selam andalan Rusia. Pembuatannya dilakukan pada tahun 1993 oleh perusahaan Sevmash. Kapal pertama dari jenis ini berjuluk Severodvinsk. Kapal pertama generasi Severodvinsk, memiliki 24 tabung peluncuran vertikal untuk berbagai rudal jelajah. Termasuk P-800 Oniks (sebutan Benua Barat SS-N-26), yang memiliki jangkauan sekitar 300 km. Selain itu juga ada delapan tabung torpedo 650 mm. Kapal bisa meluncurkan torpedo dan rudal anti kapal. Banyak sumber yang mengatakan bahwa kapal ini terdapat 30 rudal dan torpedo.
  • Soryu
Soryu merupakan kapan selam milik Jepang. Kali pertama ditugaskan dalam dinas militer pada tahun 2009. Tidak seperti kapal lainnya, kapal selam kelas Soryu ini menggunakan tenaga penggerak diesel- listrik. Kapal- kapal ini  dilengkapi dengan sistem propulasi independen udara yang memungkinkan untuk tetap terendam dalam waktu yang lama tanpa permukaan untuk mengisi baterai. Kapal selam ini memiliki desain hidrodinamika dan dilengkapi dengan lapisan anechoic. Kapal selam ini memiliki senjata torpedo 533 mm sebanyak 30 buah dan dilengkapi rudal Harpoon.