Perubahan cuaca yang terjadi seperti saat ini, dapat mempengaruhi tingkat kelembapan udara. Kelembapan udara yang terlalu rendah dapat menyebabkan kulit kering. Jika suhu dingin maka kelembapan udara menjadi semakin rendah. Hal demikian ternyata dapat menjadi salah satu penyebab kulit kering loh guys. 

Beberapa orang mengeluh karena memiliki kulit yang kering dan tentu saja hal demikian tidak baik apalagi untuk wanita yang akan memakai make-up. Jika ada yang mengatakan kalau kulit kering tidak dapat dirubah menjadi lembab dan normal, itu tidak benar. Setiap jenis kulit dapat dirawat sehingga memiliki sifat- sifat kulit normal.

Beberapa perawatan alami dan hemat budget ini dapat kamu coba di rumah guys selama pandemi Covid-19 tanpa harus pergi ke salon atau membeli produk kecantikan yang harganya mahal.

1. Susu Full Cream 

Susu full cream adalah makanan yang sangat baik untuk kulit kering. Susu yang dioleskan di muka merupakan masker bagi kulit muka. Caranya hanya mencuci bersih muka lalu mengoleskan susu di kulit. Setelah kulit merasa seperti tertarik, dapat dibersihkan dengan air hangat dan air es. Susu ini dapat melunakkan kulit muka terutama sekali sebagai bleaching, yaitu memutihkan.

2. Buah Advokat 

Buah- buahan juga dapat memberi vitamin untuk kulit muka yang sensitif dan kering sifatnya. Caranya, buah advokat dilumatkan menjadi bubur dan bubur ini dilekatkan tipis- tipis pada permukaan kulit muka. Bubur advokat ini sangat baik untuk melembabkan kulit kering.

Setelah bubur advokat di muka kering, lalu cuci muka dengan air hangat . Setelahnya, kamu dapat menggunakan sepotong batu es dengan mengoleskannya di seluruh kulit.

Baca juga : 10 Spot Wisata Instagramable di Samigaluh Kulon Progo, Tiket Masuk Mulai Rp 0,- 

4 Aplikasi Android Penghasil Uang, Nyesel Kalau Tidak Dicoba 

3. Buah Mangga 

Memakai masker buah mangga juga hampir sama dengan membuat dan memakai masker advokat. Buah mangga dibuat bubur lalu dioleskan di kulit muka lalu dicuci sampai bersih.

4. Madu

Membuat kulit muka menjadi lembab, tidak harus selalu membeli di toko apalagi dengan situasi sepeerti saat ini. Iya kan?. Sisi lainnya adalah harga produk yang dibeli sudah mahal, tidak cocok juga di kulit. Sedih banget yak wkwk. 

Daripada bingung, mending membuat sendiri dengan bahan yang sederhana yaitu madu. Caranya, cuci sampai bersih muka menggunakan air hangat kemudian panaskan madu sampai hangat. Selanjutnya, madu dioleskan di muka dengan mengggunakan jari atau kuas masker. Noted, muka harus benar- benar kering dan bersih guys. Setelah dioleskan, pijatlah perlahan dan diamkan sekitar seperempat jam. Selanjutnya, dibasuh menggunakan air hangat dan air dingin atau air es. 

5. Telur ayam dan Madu

Caranya, telur ayam dicampur menjadi satu dengan madu lalu dioleskan ke kulit muka. Biarkan kurang lebih 15 menit baru kemudian dibasuh dengan air dingin.

Gizi yang terkandung di telur ayam itu sangat tinggi guys dan dibutuhkan oleh kulit. Kalau kamu rajin menggunakan, pasti dah hasilnya memuaskan. 

6. Kuning Telur dan Minyak Zaitun 

Caranya, kuning telur dicampurkan dengan minyak zaitun lalu oleskan secara merata pada kulit muka. Biarkan selama seperempat jam lalu dibersihkan dengan  air hangat dan air es. Jika mau, dapat disertai penggunaan masker putih telur sehingga akan menjadi licin dan halus. 

7. Minyak Zaitun

Untuk melembabkan kulit kering adalah dengan mengoleskan minyak zaitun ke seluruh permukaan wajah dan dilakukan rutin setiap pagi hari. Biarkan selama 15 menit lalu dibasuh menggunakan air dingin sampai bersih.

Selamat mencoba guys.