17 Agustus 1945, merupakan tanggal bersejarah bagi seluruh bangsa Indonesia karena pada tanggal tersebut bangsa kita dapat memproklamasikan kemerdekaan.

Setiap tanggal 17 Agustus, menjadi waktu pengingat untuk seluruh bangsa Indonesia dalam mengenang perjuangan para pahlawan saat merebut kemerdekaan dari tangan penjajah. Setiap tanggal 17 Agustus, semua orang berkumpul dan merayakan semangat "Bhinneka Tunggal Ika". Merdeka!.

Tahun 2020 ini, perayaan Hari Kemerdekaan Indonesia agak berbeda dengan tahun sebelum- sebelumnya karena terkendala pandemi Covid-19. Nah, ada beberapa fakta menarik yang telah dirangkum Ikitopmedia.

1. Logo Peringatan HUT RI ke-75

Logo HUT RI ke-75 sudah resmi rilis di website Kementerian Sekretariat Negara sejak tanggal 16 Januari 2020. Perisai pada logo ini terinspirasi dari lambang Garuda Pancasila yang mana menggambarkan Indonesia sebagai negara yang mampu memperkokoh kedaulatan, menjaga persatuan dan kesatuan Indonesia. Elemen bagian angka 7 pada logo juga memiliki makna berbeda- beda. Angka 7 di bagian atas melambangkan kesetaraan untuk kesejahteraan dan keadilan yang ekual untuk semua. Angka 7 pada elemen badan memiliki makna representasi progres kerja yang dinamis akan mencapai hasil akhir yang optimal, tanpa harus menjadi lurus dan kaku. 

Pada elemen badan angka 5 pada logo menyerupai lingkaran yang hampir sempurna yang melambangkan progres terus menerus dan terlihat nyata, selalu memperbaiki dan selalu mengejar target. Logo ini tercantum di https://setneg.go.id/, logo ini menyimbolkan arti kesetaraan dan pertumbuhan rakyat Indonesia dan progres nyata dalam bekerja untuk mempersembahkan hasil yang terbaik kepada semua rakyat Indonesia. Di dalamnya juga termasuk pedoman penggunaan ukuran dan warna logo yang telah diatur. 

Penggunaan logo peringatan HUT RI ke-75 wajib digunakan sebagai satu paket dengan logo Bangga Buatan Indonesia. Gabungan dari hologram dan logotype dengan sentuhan modern. Logogram ini menunjukkan cinta terhadap produk lokal dan menggambarkan perasaan bangga terhadap produk lokal Indonesia. Logo ini juga menggambarkan kesatuan sebagai satu Indonesia.

2. Indonesia Sedang Berperang

"Perjuanganku lebih mudah karena mengusir penjajah, tapi perjuanganmu akan lebih sulit karena melawan bangsamu sendiri", Ir. Soekarno. 

Kini di usia Indonesia merdeka yang sudah 75 tahun harus berperang melawan musuh yang tidak kelihatan, bernama Covid-19. Perang dengan Covid-19 di Indonesia sudah menggugurkan sekitar 6.150 orang dan 139.549 orang yang masih berjuang untuk sembuh. Kabar buruknya, perang kali ini Indonesia belum memiliki senjata yang ampuh untuk melemahkan karena vaksin dan obat masih belum ditemukan. 

Mari kita berdoa bersama agar perang ini segera berakhir dan Indonesia memiliki kondisi yang lebih baik lagi aamiin.

3. Game Online  

17 Agustus identik dengan berbagai perlombaan seperti balap karung, memasukkan paku ke dalam botol, balap karung dan sebagainya. Untuk tahun ini ditiadakan karena masih social distancing dan larangan kegiatan berkerumun.

Kamu tidak perlu bersedih karena keseruan dari perlombaan tersebut masih dapat dirasakan melalui game yang dapat diunduh di Google Play Store untuk Android. Beberapa game yang dapat kamu mainkan seperti : Lomba Merdeka New Update, Game 17an Kemerdekaan, dan lain- lain.

Seperti di game HUT 17 Agustus 1945, kamu dapat bermain balap karung, makan kerupuk, memasukkan paku ke dalam botol, sendok gundu, dan sebagainya. Dari perlombaan tersebut, kamu juga dapat memperoleh berbagai piala maupun hadiah, termasuk voucher untuk dibelanjakan di Warung Mak Jum, Abang Mainan, dan Toko Ambo. Ketiganya merupakan pedagang yang ada di kampung 'Bhinneka Tunggal Ika'. Sebelum naik ke level selanjutnya dan memenangkan perlombaan, kamu dapat berlatih di pusat kebugaran sederhana Hermules Fi yang memiliki 6 jenis latihan untuk meningkatkan kemampuan dan sebelum terjun ke perlombaan.

4. Perayaan Hari Kemerdekaan Virtual Pertama di Indonesia

Perayaan hari kemerdekaan virtual pertama yang diadakan oleh Indonesia. Yes.

Tahun ini memang tidak seperti upacara kemerdekaan Indonesia seperti sebelumnya, karena biasanya semua orang Indonesia menggelar upacara di setiap pemerintahan, setiap kantor, setiap sekolah, dan seterusnya. Tahun ini, tidak ada yang namanya menahan terik, berpanas- panasan, sambil berdiri tegak menghormati Sang Saka Merah Putih.

Jangan bersedih, walau kamu tidak dapat mengikuti upacara seperti biasanya toh kamu tetap dapat menggelar upacara dan kumpul- kumpul virtual menggunakn platform video konferensi seperti aplikasi Google Duo. Google Duo sendiri sudah mendapatkan pembaharuan dan dapat digunakan untuk melakukan panggilan 12 orang sekaligus dan lebih hemat kuota. Selain Google Duo, dapat juga menggunakan Zoom, WhattsApp, dan aplikasi lainnya. 

Baca juga : 4 Aplikasi Android Penghasil Uang, Nyesel Kalau Tidak Dicoba 

7 Link Jurnal Internasional Recommended, Pejuang Skripsi Perlu Tau Nih  

Kamu juga tetap dapat menyaksikan upacara penaikan dan penurunan bendera yang disiarkan langsung dari istana negara di channel 'Sekretariat Presiden' atau siaran televisi.  

5. Banyak Diskon, Banyak Promo

a. Promo Spotify Premium 

Spotify adalah aplikasi musik dengan berbagai genre mulai dari rock, dangdut, pop dari berbagai artis. Kamu dapat streaming musik dan search musik, atau untuk mendowload lagu mix, album dan podcast.

Dalam rangka memeriahkan HUT Kemerdekaan Indonesia di tengah pandemi seperti saat ini, layanan musik streaming Spotify menyediakan daftar putar khusus kemerdekaan yang bertema 'Spesial 17an'. Spotify juga mengabarkan daftar  putar tersebut akan diisi dengan Yovie Widianto, Rossa, Raisa dan Nadin Amizah. Kolaborasi keempat musisi ini hadir dalam bentuk podcast Makna Talks, Dear Dearest, dan DESTAnya Siapa?. 

Info lainnya adalah Spotify memberikan promo fitur Spotify Premium only Rp 54.900,- untuk 3 bulan, Spotify Premium Student akan mendapat diskon 50% dengan gratis 1 bulan pertama lalu Rp 24.990,- per bulan setelahnya, Spotify Duo 2 bulan only Rp 71.490,- dan untuk Spotify Premium Keluarga gratis 1 bulan pertama lalu Rp 79.000,- per bulan selanjutnya. Wow!.

Benar- benar 'suara yang menyatukan kita' hihi.

b. Diskon Makanan Agustus 

Promo Hari Kemerdekaan diberikan beberapa gerai seperti JCO, McDonald, Holland Bakery, Ta-Wan, Burger King, dan lain- lain. Banyak cara marketing untuk menarik pelanggan baik dengan paket diskon yang besar atau buy one get one. Beberapa gerai memberikan diskon hanya khusus untuk tanggal 17 Agustus 2020 saja, ada juga yang memberikan diskon hingga akhir Agustus 2020. 

Ini beberapa contoh diskon makanan yang dimaksud, gercep guys hihi.

6. Edisi Khusus, Uang Lembaran Baru

Uang Rp 75.000,- edisi HUT RI resmi diluncurkan dan dicetak hanya 75 juta lembar oleh Bank Indonesia loh guys. Menurut Menteri Keuangan, Sri Mulyani mengatakan kalau uang lembaran Rp 75.000,- merupakan uang khusus yang diterbitkan oleh Bank Indonesia. Hal ini juga menjadi momen langka karena Bank Indonesia biasanya mengeluarkan rupiah edisi khusus berbentuk koin. 

Menteri Keuangan juga mengatakan bahwa uang tersebut tidak ditujukan untuk peredaran secara bebas dan tersedia di masyarakat sehingga dicetak terbatas. Adapun warna uang tersebut didominasi oleh warna merah, putih dan hijau dengan tema dan makna mensyukuri kemerdekaan, memperteguh kebhinekaan, dan menyongsong masa depan yang gemilang.

7. Klub Sepak Bola di Eropa Mengucapkan "Happy Independence Day, Indonesia"

Beberapa negara ikut mengucapkan HUT RI ke-75 termasuk klub sepak bola di Eropa yang memiliki banyak supporter orang Indonesia. 

Melalui akun resmi, mereka mengucapkan selamat kepada bangsa Indonesia. Berikut ucapan dari mereka : 

Liverpool
'Dari Liverpool untuk Indonesia dengan penuh cinta. 
DIRGAHAYU INDONESIA. MERDEKA. #RI75'  
source akun Twitter @LFCIndonesia

Juventus
'Dari Pringsewu, Wajo, Dompu, sampai Jayapura, Juventini dari seluruh penjuru Tanah Air mengucapkan, Selamat Hari Kemerdekaan untuk Indonesia, Merdeka!. 
#DirgahayuIndonesia #DirgahayuIndonesia75 #HUTRI75 #RI75  
source akun Twitter @juventusfcid.

Inter Milan
'Selamat Ulang Tahun ke 75, Republik Indonesia. 
Saling bersatu padu demi Indonesia yang lebih maju. 
#IndonesiaMaju #RI75' 
source akun Twitter @Inter_id.

PSG
'Parisiens di Indonesia. 
Kalian dapat salam dari @Pablosarabia92 @IGanaGueye, dan Julian Draxler di momen hari kemerdekaan ini.
#DirgahayuIndonesia #ICICESTPARIS' 
source akun Twitter @PSGIndonesia.

Tottenham
'#DirgahayuIndonesia. 
Jalan- jalan ke London Utara, 
Sonny suka makan kerupuk, 
Walau pandemi masih di mana- mana, 
Mari rayakan HUT RI dengan penuh rasa syukur.
#COYS #SpursID'
source akun Twitter @Spurs_ID

Manchester United
'Perayaan kemerdekaan Indonesia tahun ini patut kita resapi sebagai semangat sebagai semangat untuk bangkit dan maju. Manchester United mengucapkan, dirgahayu Republik Indonesia ke-75, Indonesia Maju!.
#mancityIndo #DirgahayuRepublikIndonesia #dirgahayuindonesia #HutRIKe75 #IndonesiaMaju'
source akun Twitter @mancityIndo.