Banyak perubahan yang terjadi setelah pandemi Covid-19 menerpa dunia. Perubahan dari sisi sosial, politik, pendidikan, bisnis, lingkungan dan lain- lain. Semua orang dapat merasakannya. Banyak kegiatan yang terhambat karena adanya wabah ini.
Akhirnya, muncul istilah New Normal. New Normal : siapa cepat beradaptasi, dialah yang bertahan. Pengeluaran tetap berjalan, penghasilan semakin berkurang bahkan terhenti. Bisnis harus terus berputar untuk survive sedangkan pendapatan semakin berkurang. Intinya semua harus mau dan mampu extra mengencangkan ikat pinggang.
Dengan adanya teknologi yang mutakhir seperti saat ini, seharusnya dapat membantu manusia dalam bekerja dan mengatasi permasalahan yang ada. Bekerja dari rumah, tanpa harus pergi ke kantor dan menghasilkan penghasilan. Siapa yang tidak ingin?. 
Konsep kerja umum di Indonesia adalah kerja di kantor dari balik kubikel, waktu selama 8 jam dan memakai pakaian formal. Di banyak negara maju, konsep kerja fleksibel sudah lebih dahulu diterapkan loh. Contohnya negara Finlandia yang sudah menerapkan konsep kerja seperti ini sejak tahun 2011 silam. Setelah pandemi Covid-19, konsep kerja seperti ini baru diterapkan di Indonesia. Iya kan?. 
Nah, masa pandemi Covid-19 seperti ini tentu memaksa kita untuk adapting perubahan yang ada dan mencari peluang sukses besar di masa depan. Ada beberapa peluang kerja atau bisnis yang mampu memberikan keuntungan materi (profit). Modalnya hanya sederhana, semangat dan tekun.  Ada quote kern dari BJ Habibie, "Apabila kamu sudah memutuskan menekuni suatu bidang, jadilah orang yang yang konsisten. Itu adalah kunci keberhasilan yang sebenarnya". 
 
Peluang bisnis atau kerja yang menguntungkan adalah sebagai berikut :
1. Affiliate Marketing
Sebagai affiliate marketing, kamu hanya memasarkan atau menjualkan produk dan jasa orang lain. Selanjutnya, kamu akan mendapatkan komisi yang telah disepakati setelah penjualan atau transaksi terjadi.  
Affiliate Marketing tetap menjanjikan selama masih ada pihak- pihak yang ingin fokus pada produk dan layanan after salesnya, sehingga urusan marketing dan sales sebagian besar diserahkan pada affiliate marketer ini. 
Untuk menjadi affiliate marketer caranya sangat mudah loh. Kamu hanya perlu menyediakan beberapa hal sebagai berikut : website/ landing page; akun Facebook Ads; akun Google Ads; Akun di affiliate network seperti JVZoo, Clickbank, Idaff, Ratakan, dan seterusnya; dan sejumlah uang untuk beriklan. Selanjutnya, kamu tinggal pilih produk yang ada di affiliate network, membuat landing pagenya di websitemu dan mulai beriklan di Facebook Ads dan Google Ads. Voila..hanya menunggu hasilnya.  
 
2. Copywriter 
Copywriter merupakan orang yang membuat copywriting dengan tujuan untuk membangun keasadaran calon pembeli terhadap suatu produk atau bisnis melalui iklan.
Menulis itu mudah dan semua orang dapat melakukannya, tetapi menulis tulisan yang enak dibaca dan mampu mempengaruhi orang lain untuk melakukan sesuatu itu yang sulit. Copywriter bertugas menjelaskan dan melakukan penawaran dengan bahasa yang mudah dimengerti kepada calon pembeli. Copywriter itu membuat orang yang membaca menjadi tertarik dan muncul keinginan untuk membeli.
Syarat untuk menjadi copywriter hanya satu, yakni kemampuan menulis. Selanjutnya, kamu dapat publishing di sosial media atau melalui situs freelance. 


3. Freelancer
Salah satu keuntungan menjadi freelancer adalah tidak memiliki keterikatan antara pihak pekerja dan yang memperkerjakan. Keuntungan lainnya adalah menjadi freelancer tidak perlu mengeluarkan uang dan dapat dikerjakan dari rumah. Freelancer akan dibayar sesuai dengan apa yang dikerjakan atau sesuai kesepakatan. 
Beberapa peluang yang dapat dilakukan sebagai seorang freelancer seperti menjadi penerjemah (translator), input data, membuat data, desain grafis hingga membuat software. 
Beberapa platform freelancer di antaranya adalah Sribulancer, Upwork, Freelancer, Fiverr, Toptal, Flexjob, Projects, Fastwork, dan seterusnya. Dari pengalamanku, platform luar negeri lebih banyak bayarannya bahkan sampai 400$ -1.000$ atau ada yang lebih tergantung jenis pekerjaannya. Platform di Indonesia, harga jasa freelancer mulai Rp 50.000 - Rp 1.000.000. 
 
4. Influencer
Influencer adalah orang- orang yang mempunyai cukup banyak followers dan mempunyai pengaruh kuat terhadap follower- followernya. Contoh influencer yaitu Blogger, Youtuber, Selebgram.  
Nah, kalau kamu memiliki banyak follower di Instagram dapat loh mencoba bisnis online dengan menjadi influencer.
Memulai bisnis online ini, kamu akan mendapatkan uang dari bisnis atau perusahaan yang memakai jasa kamu untuk memasarkan produk atau layanannya. Kamu akan dibayar per iklan tayang atau berdasarkan waktu kontrak. Istilah endorse lebih sering digunakan saat ini daripada influencer. 
 
5. Jasa Konsultan Online
Kalau kamu menguasai spesialisasi di bidang tertentu, dapat mencoba usaha bisnis online dengan membuka jasa konsultasi online. Bisnis Jasa Konsultasi Online ini tentu menjanjikan dan menguntungkan. Masa pandemi seperti sekarang, konsultasi tidak harus bertatap muka secara langsung. Melakukan konsultasi cukup dengan website, sosial media atau aplikasi smartphone dan koneksi internet. Beberapa usaha Jasa Konsultan Online yang sudah mulai berjalan seperti Pijar Psikologi, HaloDoc, HukumOnline, dan sebagainya.  
 
6. Jasa Penulisan Artikel
Selain menjadi copywriter, suka menulis dan memiliki kemampuan menulis, kamu juga dapat menjadi penulis artikel. Beberapa website dan para blogger membutuhkan jasa penulisan artikel. Tarifnya pun bermacam-macam, mulai dari Rp 5.000 per artikel hingga puluhan ribu per artikel tergantung jumlah kata dan kaualitas artikelnya.
Untuk mencari job menulis artikel ini caranya juga sangat mudah. Kamu hanya perlu mencari di situs freelancer atau menawarkan jasa melalui forum atau Facebook Group.

(bersambung.....)