Pandemi Covid-19 yang mengubah semua tatanan kehidupan di dunia telah membawa perubahan khususnya pola aktivitas manusia. Adanya protokol kesehatan yang mengharuskan social dan physical distancing, sistem pembelajaran daring atau PJJ (pembelajaran jarak jauh), dan sebagainya. 

Di dunia bisnis, sosial media dan influencer menjadi meningkat pesat belakangan ini. Hal ini terjadi karena adanya peningkatan potensi penjualan melalui investasi iklan. Sosial media akan lebih mudah diterima atau dapat menjangkau lebih banyak calon consument, sedangkan influencer sebagai creative storyteller atau virality yang khas dari masing- masing. Saat ini mulai banyak content creator yang muncul karena aktivitas dari rumah saja. 

"Wah, tidak bakat menjadi seorang influencer".

Sebenarnya peluang bisnis di masa pandemi Covid-19 tidak hanya menjadi influencer dan masih banyak peluang lainnya. Di postingan sebelumnya pernah dibahas, kalau belum membacanya dapat klik di sini.

Berikut beberapa peluang bisnis dan kerja yang dapat dikerjakan dari rumah saja dan minim resiko. Cekidot.

1. Dropshipping 

Bisnis ini juga merupakan bisnis online yang menjanjikan dan menguntungkan. Cara kerja dropshipping juga hampir mirip dengan affiliate marketing yang pernah diulas di artikel sebelumnya.

Perbedaan bisnis online dropshipping dengan  affiliate marketing adalah dropshipping ini yang dikirimkan adalah produk fisik dan tidak ada komis.

Nah, keuntungannya adalah kamu akan mendapat keuntungan dari selisih harga jual kamu dengan harga beli di supplier. Keuntungan lainnya adalah kamu tidak perlu menyetok produk dan pengirimannya tapi hanya perlu memikirkan how to selling the product.

2. Membuat Kursus Online atau Digital Produk

Jika kamu memiliki skill tertentu, kamu dapat melakukan ide bisnis ini. Kamu hanya perlu menentukan topik khusus, membuat kurikulum, slide presentasi lalu merekamnya untuk menjadi sebuah modul.

Misalnya kamu menguasai tentang Konseling, lalu kamu membuat kursus online tentang bagaimana melakukan konseling yang baik dan skill apa saja yang harus dipelajari sebelum melakukan konseling.

 3. Publisher Iklan

Peluang bisnis selanjutnya adalah menjadi publisher iklan, dimana kamu hanya perlu menampilkan iklan baik itu iklan baris atau iklan bergambar di website atau blog yang dimiliki. 

Persyaratan utama yang harus dilakukan untuk menjadi seorang publisher iklan adalah memiliki blog atau website. Setelah kamu memiliki traffic yang banyak ke website atau blog, lalu mendaftar ke platform publishing iklan seperti : Google Adsense, Infolinks, Adnow, Payclick, Media.Net, RevenueHist, dan sebagainya.

Baca juga : 5 Cara Menghasilkan Uang Sambil Rebahan, Bisa Dicoba Kuy 

Digaji 10.000$ Per Postingan Oleh Tiktok, Harus Paham Hal Ini Lebih Dulu  

Potensi penghasilan dengan menjadi publisher iklan ini dapat mencapai ratusan juta per bulan. Banyak publisher Indonesia yang sudah membuktikan dengan menjadi publisher iklan ini. For information, kamu yang memiliki skill bahasa Inggris yang baik dapat membuat website atau blog berbahasa Inggris karena nilai setiap kliknya lebih besar dibandingkan website berbahasa Indonesia. 

4. Sponsored Post

Kamu pernah mereview suatu produk atau layanan dari orang lain?. Ketika kamu mereview dan menuliskannya menjadi suatu artikel di blog atau website, kamu akan dibayar sekali posting untuk satu produk. Semakin banyak review yang kamu tulis di website atau blog, maka akan semakin besar potensi pendapatanmu. 

Kamu dapat bergabung dengan komunitas blogger atau blog network untuk mendapatkan job seperti ini. Berikut komunitas bloggernya: 

  • http://rhodoy.co.id/job-untuk-blogger/,
  •  https://www.etalasebisnis.com/partnership,
  •  https://www.sociabuzz.com/, 
  • https://bloggerperempuan.co.id/, dan sebagainya. 

Kamu juga bisa loh mendapat tawaran sponsored post ini secara langsung atau tanpa melalui komunitas. Penasaran mau mencoba guys?. 

5. Jual Beli Domain atau Website (Flipping)

Selanjutnya, bisnis online yang menguntungkan adalah flipping dimana kegiatannya adalah membeli domain atau website, kemudian mengelolanya dan menjual dengan harga yang lebih tinggi.

Untuk melakukan bisnis online ini, kamu harus memiki skill dan pengetahuan yang baik tentang website, traffic, dan juga metric website. Untuk melakukan jual beli website dan domain ini kamu dapat melakukannya di situs berikut :

Untuk mengeksekusi ide bisnis online ini Anda perlu mempunyai pengetahuan yang baik tentang website, traffic dan juga metric website. Dan untuk melakukan jual beli domain dan website ini Anda bisa melakukannya di situs berikut ini : Flippa, Ads.id, Trademysite, Afternic, Empire Flipper, dan seterusnya.

6. Menulis Buku Indie (Self Publishing)

Menulis itu memang skill yang sulit tapi potensinya juga besar dan menguntungkan. Selain menulis artikel, menjadi freelancer, dan penulis blog, kamu juga bisa menulis buku. Kamu hanya cukup menulis buku, mencetaknya dan memasarkannya.

Kamu hanya perlu membuat layout, mengedit hingga mencetaknya sendiri dengan biaya sendiri. Kalau kamu tidak mau repot mengurusi, dapat juga menggunakan self publishing seperti : NulisBuku, Mizan Store Self Publishing, Bitread, Leutikaprio, dan lain- lain selanjutnya kamu hanya perlu memikirkan naskah dan pemasarannya saja.

Nah, gimana kamu mulai tertarik yang mana?.