Pemerintah Daerah DI Yogyakarta mulai menerapkan konsep new normal sejak bulan Juli yang lalu. Istilah New Normal sendiri memiliki makna akan perubahan perilaku manusia setelah adanya pandemi virus Covid-19. Pola hidup baru dapat dijalankan dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan dalam kegiatan sehari- hari. 

Protokol kesehatan yang dimaksud antara lain adalah menjaga kebersihan tangan, menggunakan masker ketika keluar rumah, menjaga jarak, serta menjaga pola hidup sehat dengan asupan makanan yang bergizi dan cukup olahraga. 

Beberapa toko, pasar, mall, kafe, restoran, tempat gym, hingga wisata mulai dibuka dengan catatan menerapkan protokol kesehatan. Begitu juga dengan beberapa wisata di Kulon Progo, seperti Samigaluh.

Pasti mulai tidak asing dengan Kulon Progo karena kemungkinan besar sudah mengetahuinya apalagi dengan bandara barunya, Bandar Udara Internasional Yoyakarta. Samigaluh sendiri merupakan salah satu dari 12 kecamatan di Kabupaten Kulon Progo. Kali ini Ikitopmedia akan mengulas informasi tentang spot instagramable  dengan 10 wisata hits di Samigaluh di era new normal ini.   

  • Curug Perawan Sidoharjo

Curug Perawan ini diapit oleh dusun Munggang Lor, dusun Nyemani, dusun Miren dan dusun Gorolanggu Kelurahan Sidoharjo, Kapanewon Samigaluh. Curug ini memiliki ketinggian sekitar 75 meter dengan guyuran airnya yang menerpa dinding- dinding tebing. Kalau beruntung, kamu juga akan melihat hamparan bunga yang lagi mekar dan dinding tebing di sekitarnya yang berwarna hijau menyejukkan mata. Orang- orang yang akan melakukan hunting foto biasanya datang kesini pagi- pagi sekali, karena ada bonus penampakan pelangi yang sangat indah di dinding tebingnya. Harga tiket masuknya juga dapat dibilang sangat murah, hanya sekitar Rp 3.000,- per orang, parkir motor Rp 2.000,- , parkir mobil Rp 5.000,-.

Rute wisata dari Tugu Yogyakarta : rute

  • Embung Canggal

 

Embung ini juga masih terletak di sekitar wisata Curug Perawan Sidoharjo atau lebih tepatnya sebelah Curug Perawan Sidoharjo. So, kalau kamu mengunjungi Curug Sidoharjo dapat dilanjutkan berkunjung ke Embung Canggal. "Sekali merengkuh, dayung, dua tiga pulau terlampaui". 

Embung ini merupakan embung buatan yang difungsikan untuk perairan sawah. Embung Canggal terletak di dusun Miren, Kelurahan Sidoharjo, Kapanewon Samigaluh. Embung ini memiliki volume air sekitar 7.000 meter kubik.

Pemandangan di embung ini terbilang bagus dan sangat sejuk karena berada di pegunungan Menoreh, recommended buat kamu yang ingin melepas penat dari aktivitas sehari- hari. Masih tergolong wisata baru, tapi banyak juga kaum milenial yang berkunjung kesini untuk mengabadikan foto atau sekedar melihat sunset yang memukau.

Fasilitas di Embung Canggal ini meliputi area parkir yang luas, toilet, warung- warung dan gazebo. Gazebo di wisata ini terbilang cukup luas dengan jumlah gazebo 3 buah. Harga tiket masuk ke Embung Canggal ini adalah Rp 0,- alias gratis guys. Parkir di Embung Canggal juga masih free. Wow!.

Rute wisata dari Tugu Yogyakarta : rute

  •  Puncak Suroloyo

Puncak Suroloyo merupakan puncak tertinggi Pegunungan Menoreh. Pegunungan Menoreh memiliki tiga puncak tertinggi, yakni Gunung Suroloyo dengan ketinggian puncak 1.019 mdpl, Puncak Sariloyo dan Puncak Kaedran. Puncak Suroloyo terletak di dusun Keceme, Desa Gerbosari, Kapanewon Samigaluh.

Baca juga : Digaji 10.000$ Per Postingan Oleh Tiktok, Harus Paham Hal Ini Lebih Dulu 

Kulit Makin Kering Saat Pandemi, Coba Deh 7 Skincare Alami Hemat Budget Ini 

Pemandangan di embung ini terbilang bagus dan sangat sejuk karena berada di pegunungan Menoreh, recommended buat kamu yang ingin melepas penat dari aktivitas sehari- hari. Masih tergolong wisata baru, tapi banyak juga kaum milenial yang berkunjung kesini untuk mengabadikan foto atau sekedar melihat sunset yang memukauPemandangan apa sih yang dapat dilihat dari Puncak Suroloyo?. Kalau cuaca sedang bagus, kamu dapat melihat Candi Borobudur, Kota Magelang, Gunung Merbabu dan Gunung Merapi. Sebelum sampai puncak, kamu harus menaklukan sekitar 286 anak tangga loh guys.

Setiap tanggal 1 Muharram atau siji suro, disini juga ada pagelaran kesenian, seperti Jathilan (kuda lumping), tari Angguk, pentas wayang, konser musik dan sebagainya. Selain ada berbagai pagelaran kesenian, setiap 1 Muharram di Gunung Suroloyo ini juga memiliki tradisi ritual unik yaitu Jamasan Pusoko (mencuci pusaka). Pusaka di sini yaitu Tombak Kyai Manggolo Murti dan Songsong Kyai Manggolo Dewo dari rumah sesepuh dusun Keceme.

Upacara ini dimulai dengan kirab pusaka, lalu diikuti arak- arakan membawa gunungan hasil bumi, diiringi musik tetabuhan tradisional menuju Sendang Kawidodaren tempat upacara jamasan pusaka. Hal unik lainnya dari upacara ritual ini adalah adanya udik- udik hasil bumi yang diperebutkan oleh para warga masyarakat maupun pengunjung. Konon, siapa yang mendapatkan udik- udik ini akan mendapatkan berkah dari Tuhan Yang Maha Esa berupa hasil pertanian yang melimpah.  

Nah, untuk kamu yang penasaran dengan perayaan satu suro di Gunung Suroloyo boleh tuh dicoba berkunjung saat 1 Muharram. Untuk tiket masuk sekitar Rp 5.000,-, parkir motor Rp 2.000,- dan parkir mobil Rp 5.000,-.

Rute wisata dari Tugu Yogyakarta : rute

  • Gunung Kendhil

Wisata Gunung Kendhil merupakan wisata di area Pegunungan Menoreh dimana letaknya berdekatan dengan Gunung Suroloyo. Kamu akan menjumpai wisata Gunung Kendhil lebih dahulu sebelum menuju Gunung Suroloyo. Gunung Kendhil ini sebenarnya sudah menjadi wisata alam tergolong lama hanya menjadi viral akhir- akhir ini karena ada salah satu content creator yang mempublishnya di media sosial. Hal ini membuat para hunter konten instagramable berdatangan untuk menyaksikan keindahan alam Gunung Kendhil secara langsung.

Buat kamu yang suka hunting poto sunrise, di sini recommended deh. Kamu dapat menyaksikan matahari terbit yang cantik dan lebih bagus lagi kalau muncul kabut tipis- tipis. Di atas puncak Gunung Kendhil ini, mata akan melihat hamparan pemandangan yang hijau. 

Saat turun, kamu juga akan ketemu dengan warung kopi untuk tempat singgah para wisatawan atau yang berniat ingin mencicipi kopi dan berbagai menu yang disediakan. So, buat kamu yang merasa haus dan lupa membawa minuman dapat mampir kesini. Untuk harga tiket masuk Rp 0,-, parkir motor Rp 2.000,- dan parkir mobil Rp 5.000,-.

Rute wisata dari Tugu Yogyakarta : rute

  • Watu Tekek

Watu Tekek berlokasi di dusun Madigondo, Kecamatan Sidoharjo, Kapanewon Samigaluh. Wisata ini memang cukup tersembunyi sehingga harus melewati perjalanan yang cukup menantang adrenalin dengan jalanan yang berkelok dan menanjak. Harga tiket masuk di Watu Tekek sekitar Rp 4.000,- dengan parkir kendaraan Rp 2.000,-.

Nama Watu Tekek diambil dari kata watu yang artinya batu dan tekek yang artinya hewan tokek. Di Watu Tekek ini dahulunya sering muncul tokek dari celah- celah bebatuan. Beberapa wisatawan yang beruntung memang akan mendengar suara tokek tersebut. Watu Tekek sendiri terkenal dengan keindahan pemandangan dan berbagai aktivitas yang dapat dinikmati di lokasi wisata ini. Tempat wisata ini dapat dikatakan mirip dengan Kalibiru, dimana kamu dapat mengambil foto yang menarik dengan paduan pemandangan alam berupa hamparan pepohonan hijau yang sangat menakjubkan dan memberikan udara yang sejuk.

Pegunungan Menoreh memang memiliki pesona alam yang sangat indah sehingga menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Para wisawatan terutama kaum milenial lebih menyukai spot wisata yang dapat dijadikan spot foto selfie untuk diposting di akun sosial media.

Watu Tekek memang menawarkan pemandangan alam yang asri dan instagramable tapi di sini juga tersedia beberapa penjual makanan seperti nasi jagung, ingkung sayur serta berbagai lauk seperti tahu dan tempe. Harganya sekitar Rp 200.000,- per porsi dan dapat dinikmati hingga lima orang dengan lauk ayam atau ikan. Kalau cukup dengan lauk tahu tempe kamu hanya perlu mengeluarkan uang sekitar Rp 100.000,- untuk membeli makanan. 

Rute wisata dari Tugu Yogyakarta : rute

  • Air Terjun Watu Jengger

Di Samigaluh, masih ada air terjun Watu Jengger yang beralamatkan di dusun Madigondo, Kelurahan Sidoharjo, Kapanewon Samigaluh. Lokasi air terjun ini juga berdekatan dengan lokasi wisata Watu Tekek. 

Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 7 meter dengan kolam penampungan di bawahnya yang dapat digunakan mandi dan berenang. Tiket masuk ke Air Terjun Watu Jengger Rp 0,- alias gratis dan biaya parkir Rp 5.000,-. 

Rute wisata dari Tugu Yogyakarta : rute

  • Kebun Teh Nglinggo                               

Kebun teh ini telah ada sejak belasan tahun yang lalu dan merupakan mata pencaharian warga di sekitar Pagerharjo. Seiring perkembangan zaman, beberapa penduduk kemudian memiliki inisiatif untuk menjadikan kebun teh ini sebagai lokasi wisata. 

Kebun Teh Nglinggo ini juga menawarkan pengalaman berbeda dari sisi lain Pegunungan Menoreh. Jalur menuju puncak kebun ini terbuat dari tanah liat sehingga agak sulit untuk dilewati, tapi rasa lelah akan terobati saat mencapai puncak kebun ini. Kamu akan disuguhkan pemandangan dengan hamparan kebun teh yang luas dan delapan gunung besar di Jawa jika cuacanya mendukung bahkan kamu dapat melihat Candi Borobudur. Banyak juga hunter sunrise dan sunset yang berburu foto instagramable disini. Harga tiket masuk juga masih terjangkau, Rp 3.000,- per orang dan biaya parkir Rp 2.000, - .

Rute wisata dari Tugu Yogyakarta : rute

  • Kebun Teh Tritis

Kebun Teh Tritis merupakan kebun teh milik Bapak Purwanto yang tertanam rapi dan tinggi yang sama setiap lariknya. Kebun ini terletak di dusun Nglinggo, Kelurahan Ngargosari, Kapanewon Samigaluh. Di kebun teh ini, kamu dapat menikmati udara segar khas perbukitan sambil melakukan tea walking dengan menjelajahi setiap larik dari kebun teh ini dengan bebas. 

Harga tiket masuk di lingkungan kebun teh ini hanya Rp 2.000,- per orang dengan fasilitas mushola dan kamar mandi. Untuk biaya parkir sekitar Rp 2.000,- dengan area parkir yang luas dan aman. 

Rute wisata dari Tugu Yogyakarta : rute

  • Bukit Isis

Bercerita tentang keindahan alam Pegunungan Menoreh memang tidak akan ada habisnya. Di Bukit Isis ini contohnya, kamu jika berkunjung ke sana maka akan disuguhkan sejuknya udara khas pegunungan. Di Bukit Isis, pengunjung dapat menikmati pemandangan yang sangat menakjubkan dari tanaman kebun teh dan hijaunya pohon- pohon yang ada di sepanjang Pegunungan Menoreh.

Ikitopmedia sarankan kalau kamu berkunjung pada pagi hari atau sore hari untuk menyaksikan sunrise dan sunset  karena pemandangan pada waktu itu sangat indah dan kalau beruntung dapat melihat Gunung Sumbing, Gunung Sindoro, Gunung Merapi dan Gunung Merbabu. 

Bukit Isis juga menawarkan beberapa spot menarik untuk kamu yang suka membuat konten instagramable dan kekinian, seperti tebing, taman, rumah pohon dan papan yang menjorok ke tebing. Menariknya lagi, disini juga available camping ground dimana kamu akan dapat melihat pemandangan kota Magelang di malam hari. Tiket masuk hanya sekitar Rp 5.000,- per orang dan parkir Rp 2.000,-.

Rute wisata dari Tugu Yogyakarta : rute

  • Puncak Widosari

Wisata ini terletak di dusun Tritis, Kelurahan Ngargosari, Kepanewon Samigaluh. Puncak ini berada pada ketinggian sekitar 900 meter di atas permukaan laut. Di Puncak Widosari, kamu akan menemukan sebongkah batu besar yang dari kejauhan selalu nampak menantang kamu untuk berkunjung hehe. Daya tarik di tempat wisata ini adalah kamu dapat melihat pemandangan dari ketinggian. Kamu dapat melihat Gunung Merapi, Gunung Merbabu, hingga bibir pantai Laut Selatan. 

Jalanan menuju puncak dibuatkan tangga dari semen dengan batu dan bata. Pada sisi jurang dibuat pagar pengaman dari kawat agar pengunjung berhati- hati. Di puncak ini terdapat tiga gazebo yang luas untuk menampung banyak orang dan tempat duduk panjang tanpa peneduh untuk duduk- duduk. Menariknya, di atas Puncak Widosari mempunyai gardu pandang tepat di samping bongkahan batu besar. Gardu pandang ini dibuat dari beton, berukuran luas, dan diberi pagar besi. Dari sini, kamu juga dapat melihat sunrise dan sunset yang menakjubkan loh. Harga tiket masuk wisata ini juga ekonomis, sebesar Rp 2.000 per orang,-, biaya parkir Rp 2.000,- untuk motor dan Rp 5.000,- untuk mobil.
Rute wisata dari Tugu Yogyakarta : rute

Nah, sudah kepikiran mau berwisata ke mana?